Cara ampuh menghapus Aplikasi kingroot yang terpasang di firmware android

Cara ampuh menghapus Aplikasi kingroot yang terpasang di firmware android

Pernah kah anda memberi akses root pada android anda ? Dengan cara exploit dengan App king root dan ketika anda ingin meng-unroot device anda dengan aplikasi tersebut, namun aplikasi pihak ketiga tersebut tak kunjung hilang meski di wipe data berkali-kali ? Atau anda membeli device android bekas dan sudah tertanam app tersebut ? Dan meskipun anda me-recovery device anda tapi tetap tak kunjung hilang, itu semua dikarenakan aplikasi kingroot tertanam didalam system firmware.

Dalam tutorial ini saya menggunakan HH dari brand Samsung(bukan promo).

Peralatan/Bahan yang diperlukan

Yang anda butuhkan adalah aplikasi root explore file manager. Kuota data paket aktif.

Langkah-langkah

Aktifkan data paket anda.

Buka aplikasi kingroot, biarkan ia meng-update library nya. Dan memberi root access device anda(melakukan rooting). Tunggu sampai proses selesai(biasanya jika sudah selesai device anda akan reboot).

Install root explore file manager anda. (dalam kasus ini saya menggunakan LCG XPLore (bukan promo ya)), Pasti akan muncul pop up perizinan hak akses root untuk file menager. Klik izinkan

Arahkan ke Root path » System » App cari Aplikasi bernama "King User" dan hapus

Root path berada di bawah external SDCard

Arahkan lagi ke Root path » System » Priv-app cari aplikasi bernama "King Root" dan hapus.

Sampai disini aplikasi sudah berhasil terhapus kemudian arahkan lagi ke Root path » Data dan cari folder dengan nama query "com.kingroot" kemudian hapus.

Kemudian mulai ulang perangkat(reboot device) anda.

Unroot Perangkat

Backup seluruh data penting anda terlebih dahulu seperti foto, musik, catatan, kontak, akun dan sebagainya.

Matikan perangkat (Shutdown device) anda.

Masuk recovery mode dengan menekan secara bersamaan tombol Power + Home + Volume up

Arahkan kursor ke "Wipe cache partition" klik ok tunggu sampai proses selesai

Arahkan kursor ke "Wipe data/factory reset" klik ok tunggu sampai proses selesai

Arahkan kursor ke Reboot system now dan taraaaaaa semuanya telah selesai

Menge-check perangkat root atau tidak dengan melihat dan klik pada root path dari LCG Xplore jika sesaat sudah diklik muncul popup dan tulisan "Your device seem to be not rooted" berarti anda telah berhasil dalam tutorial ini. Tapi ketika root path diklik dan didapati anda masih dapat mengakses path tersebut dalam arti(read, write, execute) berarti anda masih belum berhasil meng-unroot perangkat anda

Setiap ROM device memiliki mounting yang berbeda meskipun perangkat yang dipakai adalah dari brand yang sama. e.g Samsung galaxy dengan OS 4 ke bawah, mounting nya jelas berbeda secara signifikan dengan OS 4+ apalagi untuk brand yang lain, biasanya tidak akan ditemukan folder bernama "Priv-app" jadi anda tinggal menghapus Aplikasi yang berada dalam path root -> system -> app kemudian menghapus data aplikasinya pada path root -> data -> nya saja. Dan Cara masuk Recovery mode pun berbeda untuk brand berbeda, selain brand samsung biasnya hanya menggunakan dua tombol yaitu menekan secara bersamaan tombol Power+Volume down ada juga yang menggunakan Volume Up. Jika anda bingung bagaimana masuk ke Recovery mode anda cukup menginstall aplikasi Terminal emulator kemudian buka aplikasinya dan ketikan reboot recovery dan enter selesai.

Photo p
Profile of Eza dwi anandharikyEza Dwi Anandharizky

"Malapetaka yang paling besar tidak lain adalah perasaan yang tidak pernah puas. Kekeliruan yang paling besar tidak lain karena ingin mendapatkan sesuatu. Oleh karena itu, ia yang merasa puas dengan keadaan yang memuaskan akan selamanya menikmati kepuasan"

Eza Dwi Ananadharizky September 27, 2017